Prosedur Tugas Akhir

Prosedur Pelaksanaan Tugas Akhir

STMIK AMIKOM Surakarta

TA. 2023/2024

 

A.   Persyarat Penulisan Tugas Akhir

  • Telah merencanakan pengambilan Tugas Akhir dalam KRS
  • Telah memperoleh  minimal 90 SKS dengan IPK >=2.00
  • Nilai D Maksimal 6 SKS
  • Telah lulus Mata Kuliah Metodologi Penelitian

B.   Pendaftaran

  • Mahasiswa yang akan menulis Tugas Akhir diwajibkan mendaftar Judul Tugas Akhir beserta abstraksi melalui akun SIAKAD masing-masing paling lambat  28 Maret 2024.
  • Pembagian pembimbing Tugas Akhir dapat dilihat pada Tgl. 04 s.d 06 April 2024.
  • Mahasiswa mencetak Kartu bimbingan di https://www.amikomsolo.ac.id/administrasi-tugas-akhir/
  • Lama pengerjaan Tugas Akhir berupa observasi di Instansi dilakukan minimal 36 Hari kerja dibuktikan dengan presensi.

C.   Bimbingan    

     Tahap Pertama

  • Setelah mendapatkan Buku Bimbingan Tugas Akhir, maka mahasiswa segera menemui Dosen Pembimbing untuk konsultasi Judul Tugas Akhir.
  • Setelah Judul di-Acc oleh Pembimbing, maka proses selanjutnya adalah menyusun Proposal Tugas Akhir dan melakukan Penelitian ke Instansi yang dipilih.
  • Surat Ijin Survey dapat diminta ke B.A.A.K dengan mengisi formulir permintaan surat survey, dan dapat diambil satu hari berikutnya.
  • Jadwal bimbingan disesuaikan dengan jadwal yang sudah disepakati antara mahasiswa dan pembimbing tugas akhir.
  • Penulisan Proposal Tugas Akhir sesuai dengan Buku Pedoman Penulisan Tugas Akhir.
  • Setiap bimbingan, mahasiswa wajib membawa Kartu Bimbingan Tugas Akhir dan diisi perkembangan tiap bimbingan.
  • Bimbingan proposal minimal 4 kali pertemuan

      Tahap Kedua

  • Setelah Proposal Tugas Akhir di-ACC oleh pembimbing, maka bisa langsung mendaftarkan diri untuk Ujian Pra-Pendadaran
  • Setelah dinyatakan Lulus dalam Ujian Pra-Pendadaran, maka mahasiswa bisa konfirmasi ke B.A.A.K untuk mendapatkan Pembimbing ke-2 untuk penyusunan Tugas Akhir selanjutnya.
  • Jika dinyatakan Tudak Lulus, maka melaksanakan bimbingan kembali dan mendaftarkan Ujian Pra-Pendadaran kembali.

     Tahap Ketiga

  • Mahasiswa melaksanakan bimbingan kembali ke Pembimbing 2 untuk menyusun Tugas Akhir mulai BAB II – IV, untuk BAB I dapat diambil dari proposal dan disesuaikan dengan penulisan pada Buku Pedoman Penulisan Tugas Akhir.
  • Jumlah bimbingan minimal 8 kali untuk tugas akhir.

     Tahap Keempat

  • Jika sudah ACC dari BAB I – BAB IV serta program aplikasinya, maka dapat segera mendaftarkan diri untuk Ujian Pendadaran Tugas Akhir.
  • Setelah dinyatakan Lulus, maka mahasiswa dapat konfirmasi ke B.A.A.I.K untuk proses Yudisium.
  • Jika dinyatakan Tidak Lulus, maka bimbingan kembali dan mendaftarkan untuk Ujian Pendadaran kembali.

D.    Pendaftaran Ujian Pra/Pendadaran Tugas Akhir.

        Ujian Pra-Pendadaran

  • Sudah ACC proposal tugas akhir
  • Mendaftarkan ke bagian administrasi untuk Ujian Pra-Pendadaran
  • Mendaftarkan diri ke B.A.A.K dengan membawa kuitansi pendaftaran dari bagian administrasi.
  • Mengumpulkan FC Kartu kehadiran Ujian Proposal dengan kehadiran minimal 3 kali (Untuk pendaftaran Gel. pertama tidak diperlukan)
  • Mengumpulkan buku bimbingan tugas akhir yang sudah direkomendasikan oleh pembimbing untuk melaksanakan ujian Pra Pendadaran.
  • Melampirkan Screenshot review STMIK AMIKOM Surakarta pada Google Local Guide.
  • Melampirkan Surat Keterangan Observasi dari Instansi.
  • Mengumpulkan makalah rangkap 2
  • Semua berkas dimasukkan dalam satu map plastik warna Merah (untuk KA) dan map plastik warna Biru (untuk MI).
  • Pendaftaran diakumulasikan selama satu minggu dan diujikan di minggu berikutnya.
  • Pendaftaran Ujian Pra-Pendadaran dibuka mulai awal Bulan Mei 2024

        Ujian Pendadaran

  • Sudah ACC makalah BAB I – BAB IV serta ACC program
  • Mendaftarkan diri ke B.A.A.K
  • Mengumpulkan makalah rangkap 3 
  • Mengumpulkan buku bimbingan tugas akhir yang sudah direkomendasikan oleh pembimbing untuk melaksanakan ujian Pendadaran
  • Melampirkan Surat Bebas Administrasi dari B.A.U serta Surat Bebas Administrasi dari Perpustakaan.
  • Melampirkan presensi observasi dan surat keterangan observasi dari Instansi
  • Semua berkas dimasukkan dalam satu map plastik warna biru (untuk KA) dan map plastik warna merah (untuk MI).
  • Pendaftaran diakumulasikan selama satu minggu dan diujikan di minggu berikutnya
  • Pendaftaran Ujian Pendadaran TA dibuka mulai awal Bulan Juli 2024
  • Batas Akhir Pendaftaran Ujian Pendadaran Paling Lambat Tanggal 24 Agustus 2024
  • Batas Akhir Proses Yudisium paling lambat Tgl 04 September 2024