Alur Pendaftaran Bantuan Biaya Pendidikan Tahun 2023
- Daftar Akun SIM KIP di web kip-kuliah.kemdikbud.go.id
- Pilih Seleksi Mandiri > Seleksi Mandiri PTS
- Pilih PT > Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer AMIKOM Surakarta
- Pilih Program Studi S1 Informatika
PERSYARATAN Pendaftaran Bantuan Biaya Pendidikan Tahun 2023
- Penerima KIP Kuliah Merdeka adalah lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan
(SMK), atau bentuk lain yang sederajat yang lulus pada tahun berjalan atau maksimal lulus 2 (dua) tahun
sebelumnya; - Telah lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru STMIK AMIKOM Surakarta.
- Memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi atau berasal dari keluarga miskin/rentan miskin
dan/atau dengan pertimbangan khusus yang didukung bukti dokumen yang sah . (lihat berkas persyaratan) - Sudah terdaftar secara resmi di sistem KIP https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/siswa/auth/login;
- Maksimal berusia 21 tahun saat proses pendaftaran;
- Belum pernah tercatat sebagai penerima beasiswa KIP sebelumnya di PT penyelenggara;
PERSYARATAN EKONOMI SEBAGAI Bantuan Biaya Pendidikan Tahun 2023, Mahasiswa yang berasal dari keluarga miskin/rentan miskin yang dibuktikan dengan:
- Mahasiswa pemegang atau pemilik Kartu Indonesia Pintar (KIP) Pendidikan Menengah;
- Masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) atau menerima program bantuan sosial yang ditetapkan
oleh Kementerian Sosial seperti: Bansos Program Keluarga Harapan (PKH); Bansos Penerima Bantuan Iuran Jaminan
Kesehatan (PBI JK); Bansos Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT); - Masuk dalam kelompok masyarakat miskin/rentan miskin maksimal pada desil 3 (tiga) Data Pensasaran Percepatan
Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE) yang ditetapkan oleh Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan; - Mahasiswa dari panti sosial/panti asuhan;
- Jika calon penerima tidak memenuhi salah satu dari 4 kriteria di atas, maka dapat tetap mendaftar untuk mendapatkan KIP Kuliah Merdeka selama memenuhi persyaratan miskin/rentan miskin sesuai dengan ketentuan, yang dibuktikan dengan:
- Bukti pendapatan kotor gabungan orang tua/wali paling banyak Rp4.000.000 setiap bulan atau pendapatan kotor gabungan orang tua/wali dibagi jumlah anggota keluarga paling banyak Rp750.000; dan
- Bukti keluarga miskin dalam bentuk Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) yang dikeluarkan dan dilegalisasi oleh pemerintah, minimum tingkat desa/ kelurahan untuk menyatakan kondisi suatu keluarga yang termasuk golongan miskin atau tidak mampu.
Berkas Persyaratan Pendaftaran Mahasiswa Baru KIP Kuliah yang harus dipenuhi
- Scan Kartu peserta dan formulir pendaftaran program KIP K yang didownload dari SIM KIP K;
- Scan Surat Pernyataan penerima PIP Pendidikan Tinggi (dilengkapi admin KIP PTS)
- Surat keterangan lulus dari Kepala Sekolah (bila belum menerima Ijazah);
- Scan asli ijazah/ scan fotokopi ijazah yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah;
- Scan asli/ fotokopi legalisir Kepala Sekolah Sertifikat Hasil ujian Nasional (SHUN);
- Scan asli/ Fotokopi yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah rapor semester 1 (satu) s.d. 5 (lima);
- Scan asli Surat keterangan prestasi/peringkat siswa di kelas dan/atau prestasi lain di bidang ko-kurikuler dan ekstrakurikuler yang disahkan Kepala Sekolah;
- Scan Kartu Indonesia Pintar (KIP) pendidikan menengah, Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), Program Keluarga Harapan (PKH), Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan (PBJ JK), Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT), bukti terdaftar di DTKS Kemensos, kartu miskin Kemensos, terdaftar maksimal desil 3 di P3KE, atau kartu sejenisnya, dan surat keterangan berasal dari panti sosial/asuhan (jika ada);
- Scan Surat Keterangan Tidak Mampu (jika bukan penerima KIP/bantuan Kemensos ) yang telah dikeluarkan hingga kelurahan
- Scan Surat Keterangan Penghasilan Orang tua/wali yang diketahui sampai kelurahan atau slip gaji orang tua yang distempel instansi;
- Scan asli/ fotokopi KTP mahasiswa;
- Scan asli/ Fotokopi Kartu Keluarga atau Surat Keterangan tentang susunan keluarga;
- Scan Buku Tabungan Rekening Bank BRI Britama Bantuan Kerjasama (dibuatkan kampus cukup kirim Scan KTP, No. Hp Aktif, Email)
- Screenshot Hasil Upload Foto di Sim KIP K (Foto Mahasiswa yang tercantum Status Sosial Ekonomi DTKS)
- Screenshot Hasil Upload Foto di Sim KIP K (Foto Keluarga)
- Screenshot Hasil Upload Foto di Sim KIP K (Foto Rumah Tampak Depan, Samping, kamar mandi, kamar tidur )
- Screenshot Hasil Upload Foto di Sim KIP K (Foto Rumah di Ruang Tamu/Keluarga)
- Screenshot Hasil Upload Berkas di Sim KIP K (SKTM/KIP/BSM)
- Scan Surat Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) terbaru.
- Berkas File scan format nomer dan filename keterangan sesuai dengan nomer diatas (contoh 1. Kartu peserta dan formulir pendaftaran program KIP K .dst)
- Format file diunggah dalam format PDF/JPEG/PNG
Pengumpulan dalam bentuk softfile dan hardcopy paling lambat Jumat, 24 Oktober 2023, softfile wajib diupload ke google drive akun google sendiri kemudian link google drive dikirim ke humas@amikomsolo.ac.id atau copy data via flashdisk, Hardcopy dikumpulkan dalam Map Merah ke Kampus STMIK AMIKOM SURAKARTA, sebelum mengumpulkan ke kampus harap konfirmasi terlebih dahulu. Informasi KIP Kuliah kontak whatsapp admin 081225124380/085645083664