Gelaran FESMA AMIKOM Surakarta 2022 di penghujung Januari 2022 menjadi magnet tersendiri bagi civitas akademika kampus multimedia ini. Hal tersebut wajar adanya mengingat kegiatan tersebut baru kali pertamanya diadakan di kampus yang terletak di Kartasusra Sukoharjo ini. Selain itu gelaran ini menjadi ajang pembuktian bagi para mahasiswa khususnya selama pembelajaran di kelas.
Tidak kalah menariknya, panitia dalam melakukan penjurian terhadap karya para mahasiswa tidak dilakukan dengan cara konvensional, namun pada pemilihan karya mahasiswa dilakukan mempergunakan aplikasi voting yang diberi nama “Fesvote”. Dimana karya mahasiswa baik yang berupa karya yang dipamerkan maupun diseminarkan disimpan dalam database aplikasi tersebut. Selanjutnya para pengunjung dan juri dapat dengan leluasa memilih karya yang pantas menjadi pemenang melalui aplikasi tersebut. Karya yang dipilih pengunjung terbanyak dengan sendirinya akan menjadi pemenang.
Fesvote sendiri merupakan sebuah aplikasi yang dibuat oleh dosen STMIK AMIKOM Surakarta dengan tujuan untuk mempermudah pengunjung dalam memilih karya terbaik yang di tampilkan para mahasiswa. Selain itu melalui aplikasi tersebut, dalam pemilihan karya akan terbebas dari subyektifitas dan pengunjung lebih leluasa dalam memilihnya karena tidak ada intervensi dari pihak manapun.
Menurut pembuatnya Bapak Miftakhurohmat dan tim, kedepannya aplikasi tersebut mampu diterapkan tidak hanya dalam pemilihan karya mahasiswa semata, namun juga dapat dipergunakan pada ajang yang lain termasuk dalam kegiatan kemasyarakatan nantinya.
Selain aplikasi Fesvote pada kesempatan FESMA AMIKOM Surakarta tersebut juga di perkenalkan ikon kegiatan tersebut berupa robot animasi 3D yang di beri nama “ Si TAMI ” (Si RoboT AMIkom). Adanya Si TAMI menjadi daya tarik lebih pada ajang tersebut teruatama dalam mempercantik penampilan setiap kegiatan yang ada.
Si TAMI merupakan robot animasi 3D karya dari Farid Ilham yang merupakan mahasiswa di STMIK AMIKOM Surakarta. Hal demikian semakin mempertegas keberadaan kampus tersebut yang bercita-cita ingin banyak melahirkan talenta dalam bidang multimedia khususnya.